Tuesday, December 29, 2009

Tutorial lengkap pemrograman J2me

posted by : ilmutif.blogspot.com

pengen belajar pemrograman dan tutorial j2me yang lengkap mulai dari dasar?
tutorial pemrograman gratis ( free download ) dasar java dan j2me
Total tutorial ada 11 modul, untuk Download tutorial lengkap

Daftar Isi Tutorial:


1 Pengembangan Aplikasi Mobile

1.1 Tujuan
1.2 Perangkat Mobile
1.3 Gambaran J2ME
1.3.1 Platform Java
1.3.2 Gambaran J2ME
1.3.3 Configuration
1.3.4 Profile
1.4 CLDC
1.4.1 Fitur yang Hilang
1.4.2 Karakteristik perangkat CLDC
1.4.3 Verifikasi Class
1.4.4 Generic Connection Framework
1.5 CDC
1.6 JTWI
1.7 MIDP
1.8 MIDlet
1.8.1 Siklus MIDlet
1.8.2 MIDlet suites
1.9 Latihan
1.9.1 Apa keuntungan menggunakan java sebagai pengembang dan plaform
runtime untuk perangkat mobile?
1.9.2 Apa yang memotivasu anda untuk menulis program untuk perangkat
mobile?

2 Memulai Pemrograman Mobile

2.1
2.2 Pengenalan
2.3 “Hello, world!” MIDlet
2.4 Compilation dan Packaging MIDlets
2.5 Menggunakan Sun Wireless Toolkit
2.6 Menggunakan NetBeans mobility Pack
2.7 Latihan
2.7.1 Multiple MIDlets dalam satu MIDlet suite
2.7.2 Multiple MIDlets dalam satu MIDlet suite menggunakan Wireless Toolkit

3 High Level User Interface

3.1 Tujuan
3.2 MIDP User Interface
3.2.1 Display
3.2.2 Displayable
3.2.3 Title
3.2.4 Command
3.2.5 CommandListener
3.2.6 Ticker
3.2.7 Screen
3.2.8 Item
3.3 Alert
3.4 List
3.5 Text Box
3.6 Form
3.7 ChoiceGroup
3.8 Date Field
3.9 String Item
3.10 Image Item
3.11 Text Field
3.12 Latihan
3.12.1 List Dinamis

4 Low Level User Interface

4.1 Tujuan
4.2 Pengenalan
4.3 Canvas
4.3.1 Sistem Koordinat
4.3.2 “Hello, World!”
4.3.3 Perintah
4.3.4 Event Key
4.3.5 Aksi Permainan
4.3.6 Event Pointer
4.4 Grafik
4.4.1 Warna
4.4.2 Huruf
4.4.3 Style Coretan
4.4.4 Clipping
4.4.5 Anchor Points
4.4.6 Menggambar Text
4.4.7 Menggambar Garis
4.4.8 Menggambar Kotak
4.4.9 Menggambar Sudut
4.4.10 Melukis Gambar
4.5 Game API
4.5.1 Game API
4.5.2 Layers
4.5.3 Sprites
4.5.4 LayerManager
4.6 Scalable 2D Graphics
4.7 Latihan
4.7.1 Key Codes
4.7.2 Palindrome
4.7.3 Notepad

5 Persistence

5.1 Tujuan
5.2 Record Store
5.3 Record Enumeration
5.4 Record Comparator
5.5 Record Filter
5.6 Record Listener
5.7 Latihan
5.7.1 Penyimpanan Pilihan

6 Jaringan

6.1 Generic Connection Framework
6.1.1 Hirarki dari GCF Interface
6.1.2 GCF Connection URL
6.2 Koneksi HTTP
6.2.1 Protokol HTTP
6.2.2 Menciptakan sebuah koneksi HTTP
6.2.3 Handling HTTP Redirects
6.3 Koneksi HTTPS
6.4 TCP Sockets
6.5 Server Sockets
6.6 Datagrams
6.7 Latihan
6.7.1 Mendapatkan URL

7 Security

7.1 Tujuan
7.2 Dasar Security
7.3 J2ME Security
7.4 Menggunakan Security dan Trust Services API(SATSA)
7.5 Latihan

8 Web Services

8.1 Tujuan
8.2 Pengenalan terhadap XML
8.2.1 Registrasi Listeners
8.3 Java APIs bagi XML
8.4 Web Services
8.5 J2ME Web Services API (WSA)
8.6 Membuat sebuah Mobile Web Service Client

9 Optimisasi

9.1 Tujuan
9.2 Optimisasi
9.3 Eksekusi Program
9.3.1 Gunakan StringBuffer sebagai pengganti String
9.3.2 Gunakan clipping area dalam manggambar
9.3.3 Hindari modifier yang sama
9.3.4 Lewatkan parameter sesedikit mungkin
9.3.5 Mengurangi pemanggilan method
9.3.6 Menunda semua inisialisasi
9.3.7 Gunakan Array sebagai pengganti collection
9.3.8 Menggunakan variabel lokal
9.4 Ukuran JAR
9.4.1 Gunakan Obfuscator
9.4.2 Memadatkan file JAR Anda
9.4.3 Hindari membuat class yang tidak perlu
9.4.4 Hindari membuat interfaces
9.4.5 Hindari inner dan anonymous class
9.4.6 Gunakan satu Listener untuk object yang ganda
9.4.7 Gunakan package default (package tanpa nama)
9.4.8 Batasi penggunaan dari initializer static
9.4.9 Menggabungkan gambar kedalam satu file
9.4.10 Bereksperimen dengan memampatkan gambar
9.4.11 Gunakan class yang belum diinstal
9.5 Jaringan
9.5.1 Gunakan thread yang terpisah
9.5.2 Memampatkan data jaringan
9.5.3 Mengurangi lalu lintas jaringan
9.6 Penggunaan Memori
9.6.1 Gunakan struktur data ringkas
9.6.2 Membebaskan object yang tidak terpakai untuk garbage collection
9.6.3 Jangan sering menggunakan layar on-the-fly
9.7 Latihan
9.7.1 Ide optimisasi lainnya

10 Optional Package

10.1 Tujuan
10.2 Pengenalan
10.2.1 The ServerSocket dan The Socket Class
10.2.2 The MultiCastSocket dan DatagramPacket Class
10.3 Mobile Media API (MMAPI)
10.3.1 Pembuatan Nada
10.3.2 Audio Playback
10.4 Wireless Messanging API (WMA)
10.4.1 Mengirim SMS
10.4.2 Menerima SMS
10.5 Penggunaan Bluetooth bagi komunikasi Wireless
10.6 Lokasi API
10.7 Latihan
10.7.1 Audio Player
10.7.2 SMS Auto-Responder

11 Topik-topik Tambahan

11.1 Tujuan
11.2 Timers
11.3 Push Functionality
11.4 Latihan
11.4.1 Time MIDlet

sumber : Java Education Network Indonesia, http://jeni.jardiknas.org/



KLIK DISINI




E-book gratis pemrograman dan tutorial j2me lengkap

Bab 1 Arsitektur J2ME


Bab 2 Membangun Midlet


Bab 3 Membuat High Level User Interface


Bab 4 Membuat Low Level User Interface


Bab 5 Pengembangan High and Low Level User Interface


Bab 6 Menggunakan Data dan Peralatan


Bab 7 Mengakses Data Dan Service Jaringan


Bab 8 Kontrol Media


Bab 9 MIDP Security


KLIK DISINI

8 komentar:

ahmet January 14, 2010 at 5:53 PM  

mantap tutorialnya bro

hen March 24, 2010 at 3:40 PM  

makasih link ya gan... :)

oinktaste April 8, 2010 at 8:27 PM  

mAntabh2... like this lah.. :)

onnyx May 1, 2010 at 1:16 PM  

makasih banyak tutornya..

hanum June 15, 2012 at 12:28 PM  

terkait dengan penerapan J2ME, bisa diunduh artikel berikut http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1219/1/17110075.pdf

Anonymous June 21, 2012 at 12:04 AM  

trma ksh bnyk mas,, ebook sangat membantu,..,,

Andi October 29, 2013 at 9:41 AM  


Thanks Om.., :) Jangan Berhenti Berbagi. :D

nia March 10, 2014 at 2:08 AM  

nice info, sangat membantu saya dalam belajar j2me

Penawaran Menarik!!!


Followers

  © Blogger templates 'Neuronic' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP